Sabtu, 29 Mei 2010

Dibangun Fasilitas Anak Berkebutuhan Khusus

Rabu, 19 Mei 2010 | 11:29 WIB

SURABAYA - Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya meneken kerja sama dengan Special Olympic Games (SOIna) untuk membangun fasilitas olahraga bagi anak berkebutuhan khusus. Pembangunan ini menyusul terpilihnya Jatim menjadi satu di antara 10 provinsi di Indonesia yang menyediakan fasilitas ini.

Ketua SOIna Jatim, Prof dr Jeanny Sunariyani menjelaskan,

SOIna merupakan wadah dunia berisi orang yang peduli pada anak berkebutuhan khusus ini. Indonesia menjadi salah satu anggota di wilayah Asia Pasifik. "Bekerja sama dengan Kedutaan

Belanda, SOIna pusat memilih Jatim dan 9 propinsi lain untuk membangun sentra pelatihan," kata Jeanny, Selasa (18/5).

Dikatakan, anak berkebutuhan khusus ini kurang memiliki pemahaman terhadap sesuatu. Contohnya, saat anak-anak bermain sepakbola kelimaan (sepakbola dengan lima anak) ketika bola menuju gawang maka tak satupun anak yang menghadang. Bahkan, anak-anak itu akan mempersilakan untuk memasukkan bola ke gawang. Hal ini tak lepas dari minimnya pemahaman anak-anak terhadap sesuatu.

Dengan kondisi semacam ini maka tak mudah sebenarnya melatih anak-anak untuk berolahraga. Padahal, dengan aktif berolahraga banyak yang membuktikan jauh lebih segar dan panjang umur.

Ia mengatakan, ada sejumlah mentor atau guru yang mengikuti pelatihan bagi para trainer. Ilmu inilah yang siap dibagikan pada dosen-dosen yang akan terlibat di dalam sentra pelatihan agar nantinya bisa melatih anak berkebutuhan khusus. "Karena harus butuh kesabaran ekstra untuk melatih mereka," tekannya.

Selama ini tak banyak anak berkebutuhan khusus terlibat di dalam sebuah pelatihan olahraga. Biasanya anak-anak berkebutuhan khusus berolahraga di YPAC maupun di lapangan KONI.

Jumlahnya pun terbatas tak lebih dari 10 anak. "Ini terjadi karena

minimnya ekspose terhadap kegiatan ini," terangnya.


diambil dari http://www.surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=d9be23a7ea5cbdaf51e41248813e57e8&jenis=c81e728d9d4c2f636f067f89cc14862c

Tidak ada komentar:

Posting Komentar